6 Fakta Lebaran Di Indonesia Yang Pasti Bikin Kamu Tercengang
credit : http://blog.reservasi.com

Lebaran merupakan hari kemenangan bagi seluruh umat muslim di dunia, terutama di Indonesia. Mereka menyambutnya dengan penuh suka cita dalam merayakan hari kemenangan ini atau yang biasa disebut sebagai lebaran.

Mereka yang jauh dari kampung halaman, berbondong-bondong pulang kampung demi lebaran yang terlaksana setahun sekali, meski berdesak-desakkan, walau harus bayar tiket mahal, semuanya akan dilakukan.

Baca Juga : Lafadz Bacaan Bilal Sholat Idul Fitri Lengkap Dengan Tata Caranya

Berikut ini delimun menyajikan 6 fakta lebaran di Indonesia yang pasti bikin kamu tercengang;

1. Pakaian Baru

Pakaian Baru
credit : http://www.wasatha.com

“Baju baru Alhamdulillah”. Itulah senandung yang selalu terucap ketika lebaran tiba. Padahal untuk mendapatkan pakaian baru tak harus saat lebaran tiba. Tapi entah kenapa, pakaian baru di hari lebaran punya kesan tersendiri. Bagi sebagian orang Indonesia, kurang afdol rasanya jika lebaran tidak memakai pakaian baru.

2. Mudik

Mudik
credit : http://blog.reservasi.com

Mudik sebenarnya berasal dari bahasa jawa “Mulih Dhisik”, yang berarti “pulang dulu”, dan kemudian diangkat menjadi bahasa nasional untuk mendeskripsikan kegiatan para perantau kembali ke kampungnya. Terdapat makna tersendiri orang-orang yang merantau rela pulang ke kampung halaman meski banyak resiko dihapadi. Yaitu ingin merayakan hari kemenangan bersama keluarga dan sanak saudara yang hanya setahun sekali.

3. Halal Bi Halal

Halal Bi Halal
credit : http://blog.reservasi.com

Setiap idul fitri, disitu pasti ada halal bi halal. Tradisi halal bi halal ini sudah sangat melekat di hati masyarakat Indonesia dan bahkan semakin berkembang mengikuti perubahan zaman. Kini masyarakat terbiasa melakukan halal bi halal melalui gadget atau media sosial. Tradisi ini merupakan suatu kegiatan yang menggambarkan tradisi bersilaturahmi dengan berkunjung ke sanak saudara, kerabat, teman, dan kolega ketika hari lebaran sudah tiba.

Baca Juga : Inilah 10 Tradisi Unik Ramadhan Yang Cuma Bisa Ditemui Di Indonesia

4. Takbir Keliling

Takbir Keliling
credit : https://nasional.kompas.com

Malam lebaran di Indonesia juga dikenal dengan malam takbiran. Hal ini karena setiap malam lebaran atau malam akhir menjelang lebaran sebagian masyarakat tanah air bermai-ramai turun jalan sambil mengkumandangkan takbir keliling desa atau kota.

5. Batobo

Batobo
credit : www.shopback.co.id

Seperti yang udah diketahui bahwa mudik adalah tradisi lebaran yang tak bisa dilupakan. Nah, kalau di Riau ada balasan dari tradisi mudik, namanya Batobo. Tradisi Baboto ini ujuannya menyambut keluarga yang mudik ke kampung halaman. Tradisi yang umurnya sudah ratusan tahun ini dilakukan oleh warga Kampar.

6. THR

THR
credit : http://blog.reservasi.com

Nah, tradisi inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai karyawan. Namun bahasa THR (Tunjangan Hari Raya) terlalu mainstream, enaknya adalah “bagi-bagi” biar pada merasakan, baik itu kepada anak-anak kecil, keponakan dan saudara.

Enam fakta lebaran di Indonesia ini jauh dari kata lengkap, mengingat ada banyak sekali tradisi yang berbeda di setiap daerah. Jika di daerah kamu punya tradisi selain yang disebutkan diatas, bisa share di kolom komentar biar pembaca semakin tahu betapa kayanya negeri ini.

Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.