credit : www.journalism.co.uk

Kopi sudah menjadi minuman primadona sejak ratusan tahun silam. Gak heran dong kalo kopi saat ini menjadi minuman paling populer di dunia. Sekarang ini, banyak kedai-kedai kopi bermunculan baik yang hanya sederhana hingga kelas mewah.

Banyak yang mengatakan jika efek kopi bisa bikin betah melek. Namun masih ada banyak fakta lain mengenai efek samping setelah minum kopi.

1. Halusinasi

Dalam sehari, berapa gelas kopi yang kamu minum?
Nah sobat! jika kamu minum kopi dalam sehari lebih dari tujuh cangkir cenderung lebih mudah mengalami halusinasi. Kesimpulan tersebut dilakukan oleh Tim peneliti dari Universitas Dunham melibatkan 200 mahasiswa mengenai kebiasaan mengonsumsi kopi dan pengalamannya melihat hal-hal mistis. Meski demikian, pengaruhnya tak sebesar faktor psikologis lainnya. Selain itu, bukan hanya kopi yang berpengaruh, melainkan juga teh, dan minuman yang mengandung kadar kafein tinggi. Penelitian langsung dan percobaan dibutuhkan untuk mengukur hubungan kafein dengan efek halusinasi.

2. Kegelisahan

credit : momsandstories.com

Banyak orang percaya, kopi dapat membantunya bersemangat dan meningkatkan suasana hati bahagia. Akan tetapi, kata Dr. Julie Radico selaku psikolog klinis di Penn State Health, kopi dapat menyebabkan masalah bagi mereka yang mengalami gangguan kecemasan umum. Mengonsumsi lebih dari 400 mg sekaligus dapat menyebabkan perasaan terlalu bersemangat dan cemas, serta menimbulkan gejala seperti jantung berdebar, mual atau sakit perut. Sebaiknya, konsumsi kopi kafein dosis rendah berkisar antara 50 hingga 200 miligram (mg).

3. Resiko Keguguran

credit : medium.com

Sebaiknya, para ibu hamil dengarkan baik-baik. Kafein yang terkandung dalam kopi ternyata bisa mengakibatkan keguguran lho. Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, yang mana melibatkan sampel data 941 kelahiran di Irlandia, menunjukkan bahwa sekitar 40% ibu hamil mengonsumsi kopi dimana kandungan kafein didalamnya lebih tinggi dibandingkan teh. Efek kafein untuk ibu hamil bahkan lebih parah dibandingkan ibu hamil yang mengalami kelelahan, juga meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah atau kelahiran prematur.

4. Kecanduan

credit : http://iberoameryka.com/

Kopi biasanya bisa bikin kecanduan bagi para penggemarnya. Lagi-lagi karena ulah kafein. Karena Kafein bersifat stimulan yang dapat merangsang mood dan reseptor dopamin di otak. Bahkan, sensasinya seperti kokain ataupun obat-obatan tertentu lainnya hanya saja tidak pada tingkat yang sama. Minumlah kopi dalam ukuran sewajarnya, jika perlu, jangan minum kopi setiap hari.

5. Insomnia

credit : www.journalism.co.uk

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa sugesti minum kopi bisa bikin insomnia alias gak bisa tidur. Alasan tidak bisa tidur setelah minum kopi karena di dalam kopi terdapat kafein. Kafein inilah menghambat kerja adenosine receptor dalam tubuh sehingga membuat Anda terhindar dari rasa kantuk. Kafein masuk ke dalam darah melalui lambung dan usus halus dan dapat mencapai puncaknya dalam darah sekitar 30-60 menit atau bahkan lebih cepat, setelah dikonsumsi. Setengah dari kafein yang masuk ke tubuh dapat bertahan 3-5 jam, sisa setengahnya lagi dapat tinggal di tubuh dalam waktu yang lama, sekitar 8-14 jam. Nah! Minum kopi yang disarankan yaitu 250 mg kafein dalam sehari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.