TOP INFO

Bunda Perlu Tahu, 7 Makanan Ini Ternyata Berbahaya Untuk Pertumbuhan Anak

Bagi orang tua, pertumbuhan anak yang sehat tentu sangat diutamakan, karena hal ini menyangkut akan kesehatan dan kecerdasan sang baby. Namun, biasanya ortu gak menyadari jika nutrisi yang diberikan anak justru bisa membahayakan untuk pertumbuhan sang buah hati.

Makanan-makanan yang kelihatannya baik untuk pertumbuhan anak justru akan sangat merugikan bagi sang buah hati. Oleh karena itu, delimun merilis dan merangkum daftar makanan yang bisa membahayakan untuk pertumbuhan anak dari berbagai sumber;

1. Madu

madu
credit : pixabay.com

Bukan rahasia lagi jika madu punya segudang manfaat bagi tubuh. Madu punya berbagai vitamin dan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Sayangnya, meski madu punya segudang manfaat bagi tubuh tapi hal tersebut gak cocok untuk anak-anak, terutama pada bayi dibawah usia 1 tahun. Hal ini karena ada bakteri di dalam madu yang bisa berkembang dan berbahaya bagi pencernaan bayi yang tentunya sangat mempengaruhi perkembangan anak.

2. Makanan yang banyak gula

Makanan yang banyak gula
credit : pixabay.com

Bukan hal yang baru jika mengonsumsi gula yang berlebihan dapat memengaruhi kesehatan anak yang juga menyebabkan kinerja otak menjadi lambat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh UCLA ditemukan bahwa kelebihan fruktosa dapat memengaruhi kemampuan insulin untuk menggunakan gula dalam memproses pikiran dan perasaan. Sehingga, ketika anak terlalu banyak makan makanan manis, insulin gak mampu mengolah gula yang masuk.

3. Daging olahan

Daging olahan
credit : pixabay.com

Sekarang ini, kita dengan sangat mudah mendapati daging olahan yang membuat sang buah hati tergoda, seperti misal seperti sosis dan nugget. Daging merupakan salah satu sumber protein yang dibutuhkan tubuh. Namun pastikan sang buah mengonsumsi daging asli. Karena daging olahan mengandung protein buatan. Jika anak sering mengonsumsi protein buatan ini, maka bahan kimia akan menumpuk dalam tubuh. Akibatnya, sistem saraf akan terganggu. Anak akan kesulitan mengingat sesuatu dan mengolah informasi.

4. Mie instan

Mie instan
credit : pixabay.com

Bunda harus tau nih, makanan instan memang sangat menggoda. Tapi, penting untuk diketahui jika makanan-makanan instan menggunakan banyak pengawet agar dapat disimpan untuk waktu lama, termasuk juga mie instan. Mie instan sendiri memiliki bahan utama tepung halus yang tidak mengandung vitamin dan mineral penting. Bahkan beberapa ahli mengungkapkan monosodium glutamat atau MSG sebagai penambah rasa dalam mi instan akan berbahaya pada perkembangan otak anak. Bahan kimia dalam makanan instan yang menumpuk dalam tubuh akan meningkatkan gejala demensia (kemunduran fungsi otak) pada anak.

5. Soda dan minuman kemasan lainnya

Soda dan minuman kemasan lainnya
credit : pixabay.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Southern of California menemukan sebuah fakta bahwa hubungan antara soda dan kemampuan fungsi otak yang di konsumsi saat masih anak-anak akan memengaruhi otak dalam mengingat dan memproses informasi saat dewasa. Selain soda, minuman dalam kemasan juga perlu diwaspadai, hal ini karena buah yang digunakan bukan buah asli, hanya perisa dengan gula yang sangat banyak.

6. Teh dan kopi

Teh dan kopi
credit : pixabay.com

Untuk yang ini memang jarang sekali dilakukan oleh ortu. Tapi gak ada salahnya kalo diberikan pengetahuan supaya lebih berhati-hati. Kopi dan teh pada dasarnya mengandung kafein yang menyebabkan anak insomnia. Padahal, pada masa tumbuh kembangnya, anak butuh cukup tidur. Satu sisi, kafein juga bisa menghambat otak anak karena menyerap zat besi yang diperlukan untuk mengirim oksigen ke otak.

7. Telur

Telur
credit : pixabay.com

Bukan tanpa alasan mengapa si bunda disarankan agar si baby gak boleh dikasih makan telur. Hal ini karena telur bisa menyebabkan gejala alergi, dimana gejala tersebut menunjukkan masalah detak jantung yang lebih cepat, serta masalah pernapasan. Bagi para Bunda disarankan supaya anak baru diperkenalkan telur setelah usianya lebih dari 5 tahun.

Itu tadi tujuh makanan yang berbahaya untuk pertumbuhan anak. Dari tujuh makanan yang perlu diwaspadai untuk anak, tentu masih ada makanan-makanan lain yang perlu diperhatikan bagi orang tua. Karena tumbuh kembangnya anak sangat diperlukan ketika nanti beranjak dewasa.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button