TOP INFO

Hewan Ini Jadi Pahlawan Dalam Perang Dunia

Saat peperangan pecah, tak hanya militer kuat yang dilibatkan, bukan pula alutsista canggih untuk menggempur musuh. Namun ada hewan yang dilibatkan dalam peperangan. Melibatkan hewan dalam peperangan bukan hal baru, sejak dulu pun hewan seringkali dilibatkan dalam peperangan. Namun, ada yang berbeda dari hewan-hewan ini, Hewan-hewan ini dianggap sangat berjasa pada perang dunia pertama dan perang dunia kedua sehingga dianggap sebagai pahlawan. Berikut adalah hewan-hewan yang dianggap pahlawan atas jasanya dalam peperangan.

1. Sersan Stubby

Sersan Stubby
credit : bobo.grid.id

Sersan Stubby adalah satu dari 20 ribu anjing yang melayani Inggris dan sekutunya selama Perang Dunia I. Dia pernah menyelamatkan tentara yang terluka, juga menangkap mata-mata Jerman. Dalam misi penyelamatan tersebut, Sersan Stubby terluka oleh peluru dan tersiksa oleh serangan gas, stubby masih bisa bertahan hidup hingga akhirnya di promosikan menjadi sersan. Usai Perang Dunia I, Stubby kerap diundang ke Gedung Putih sebagai tamu kehormatan.

2. Cher Ami

Cher Ami menjadi pahlawan dalam sejarah perang dunia pertama pada tahun 1918, kala itu satu batalion Amerika Serikat yang terdiri dari 500 orang dikepung tentara Jerman dan juga pasukan sekutu yang mengira mereka musuh, sehingga pasukan Amerika Serikat kalah telak hanya menyisakan 194 tentara. Tentara Amerika Serikat yang tersisa mengirim tiga burung merpati, dua diantaranya ditembak mati, hanya menyisakan satu yang dikenal sebagai Cher Ami. Meski kakinya putus dan sayap sebelah kanan terluka parah, satu matanya buta, sebutir peluru bersarang di dadanya, Cher Ami mampu menyelesaikan misinya terbang sejauh 25 mil dalam waktu 25 menit untuk menyampaikan pesan penting kepada pasukan sekutu. Sehingga pasukan sekutu yang mengira mereka musuh mampu memukul mundur tentara Jerman dan menyelamatkan 194 prajurit Amerika yang terkepung. Jika sobat bertanya tentang jenis kelaminnya, Cher Ami ini berjenis kelamin perempuan sobat.

3. Sersan Bill

Sersan Bill
credit : www.idntimes.com

Kambing yang paling heroik dalam perang dunia pertama adalah Sersan Bill. Sersan Bill mampu menyelamatkan nyawa tiga prajurit Kanada dari ledakan bom dengan cara menyeruduk prajurit ke dalam parit meski Bill menderita luka-luka akibat tembakan musuh. Kambing ini juga pernah ditangkap dua kali, ditembak, serta digas oleh Jerman. Entahlah, mungkin belum waktunya ia bertemu Tuhan.

4. Sersan Reckless

Sersan Reckless
credit : www.americasbestracing.net

Sepanjang sejarah peperangan, Kuda seringkali terlibat dalam perang sejak zaman dahulu. Bahkan, Pertempuran Outpost Vegas dalam kancah Perang Korea pada 5 Maret 1953, kuda memiliki peran penting. Dalam perang tersebut, kuda bernama Reckless bertugas membawa amunisi baru untuk anggota peleton Recoilless Rifle dari pasukan Marinir yang mengharuskan Sersan Reckless bolak balik ke gunung selama lima hari.

5. Kopral Wojtek

Beruang yang menakutkan bagi manusia ternyata juga berjasa pada perang dunia II. Hewan ini tergabung dalam pasukan Polandia, 22nd Artillery Supply Company pada Pertempuran Monte Cassino di Italia tahun 1944. Ketika itu, tentara Polandia berusaha mengusir pasukan Nazi yang hendak menguasai wilayah tersebut. Pada pertempuran itu, Wojtek berjasa membawakan 3 peti berisi amunisi untuk didistribusikan kepada rekan-rekannya ketika tidak ada satupun tentara yang berani melakukannya. Setelah perang dunia II berakhir pada tahun 1945, Wojtek tinggal di kebun binatang hingga akhir hayatnya dan meninggal pada tahun 1963. Atas jasanya tersebut, pemerintah Polandia bekerja sama dengan pemerintah Skotlandia membangun patung Wojtek di kawasan Edinburgh West Princes Street Gardens yang terbuat dari perunggu seharga 300 ribu poundsterling atau sekitar Rp 5,8 miliar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button