TOP INFO

Mobil Transformers Sudah Ada Di Dunia Nyata

Siapa sih yang nggak kenal sama film Transformer. Film Transformers ini menggambarkan sebuah mobil yang bisa berubah menjadi robot. Jika selama ini transformer hanya di film saja, kali ini transformers bener-bener ada di dunia nyata.

Berikut ini mobil transformers yang beneran ada di dunia nyata;

1. ROBOKIA

Perusahaan otomotif yang berasal dari Korea Selatan, KIA Motors, berhasil menciptakan sebuah mobil yang bisa bertransformasi menjadi robot. Mobil transformer ini dinamakan Robokia. Dalam sekejap, mobil ini mentransformasikan dirinya menjadi robot, lengkap dengan kepala, lengan dan kaki layaknya film transformer. Sejatinya, Robokia menggunakan Mobil berjenis SUV Borrego yang tersedia dalam model mesin premium ataupun mesin diesel.

2. Hum Rider

Mobil Hum Rider diciptakan oleh seorang insinyur efek mekanik, Scott Boverly, menciptakan mobil ini anti macet dan banjir. Mobil ini bisa berubah menjadi mobil raksasa sehingga mampu melewati mobil lain. Hum Rider mempunyai pompa hidrolik seberat 900 pon atau sekitar 408 kg dan bisa naik sampai tinggi sembilan kaki atau sekitar 274 meter. Pompa ini mendapatkan tenaganya dari generator bensin yang tersembunyi di bawah kap mesinnya. Pompa hidrolik ini diaktifkan menggunakan sakelar yang ada di dasbor mobil. Saat diaktifkan, dari roda akan keluar tungkai teleskopik yang bisa mengangkat mobil ke atas. Kaki-kaki mobil ini dapat memberi cukup tempat untuk berbagai kendaraan roda empat. Selain itu, Hum Rider juga memiliki kamera pemantau yang dipasang di bawah dasbor. Jadi pengemudi bisa melihat apakah tingginya sudah pas dengan mobil yang ada dibawahnya.

3. J-Deite

Mobil Transformer yang dinamakan J-Deite diciptakan oleh ilmuwan asal Jepang yang tergabung dalam perusahaan, Brave Robotics bekerjasama dengan dua perusahaan lainnya, Asratec Corp dan Sansei Technologies Inc. Ketika mobil ini berubah bentuk menjadi robot, tinggi Transformer J-deite Ride bisa mencapai 5 meter. Yang paling menarik dari mobil ini adalah dapat dikendalikan oleh manusia yang berada di dalam mobil. Transformer J-Deite sudah mampu berjalan miring dan agak gontai dengan kecepatan pelan seperti layaknya robot lainnya. J-deite dapat bergerak dalam mode robot dengan menggunakan tenaga baterai selama tiga jam. Selepas itu, J-deite harus dicharge lagi.

4. Hiriko

Mobil ini keren banget. Mobil Hiriko di desain khusus untuk city car yang bertujuan menjawab persoalan kota yang suka macet. Ciri khas yang menarik dari mobil ini, memiliki panjang 2,5 meter saja. Bila diparkir, bisa dilipat dan menciut menjadi 1,5 meter. Jelas ini akan memudahkan untuk parkir. Roda bisa berbelok 60 derajat, jadi gak perlu lagi maju-mundur saat mau parkir. Ciri khas lain dari Hiriko, pengemudi dan penumpang keluar-masuk dari bagian depan mobil (kaca depan) yang sekaligus berfungsi sebagai pintu. Udah di dukung Heptic Steer wheel yang mirip digunakan pesawat terbang, sobat tinggal tekan ke depan jika mau melaju cepat, Sebaliknya bila ingin mengurangi kecepatan, ditarik ke belakang. Selanjutnya, bila ingin berbelok, putar sesuai dengan arah yang diinginkan. Praktis kan! Hebatnya lagi, mobil ini merupakan mobil listrik, jadi sobat gak perlu keluarin biaya buat beli BBM, cukup beli pulsa yang banyak buat ngisi saldo PLN.

5. LADA TRANSFORMER CAR

Mobil Transformer Lada bukan diciptakan oleh seorang insinyur profesional. Mobil transformer ini diciptakan oleh seorang ayah dan anak asal Rusia bernama Gennadiy Kocherga serta Sergey Kocherga. Mereka berdua mengubah mobil lawasnya bermerk Lada VAZ-2110 menjadi sosok robot. Keduanya hanya membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk mengubah mobilnya menjadi transformer. Menariknya, saat mobil berubah menjadi robot, mobil yang dijuluki ‘Optimus Gennadievich Praimov’ ini terlihat melepaskan tembakan yang dikeluarkan dari senjata otomatis, yang terletak di bawah bonnet. Uniknya, inspirasi membuat transformer saat membeli mobil mainan Transformers di pasar Singapura.

6. Wild Fennec Defender

Mobil ini cocok banget bagi pecinta traveler. Sekilas memang mobil Fennec ini terlihat biasa saja. Namun, kamu akan dibikin takjub ketika mobil ini berubah. Mobil Wild Fennec Defender bisa menjadi alternatif rumah pribadi, di dalamnya lengkap dengan kamar tidur, toilet, dapur, ruang tamu, dll. Jadi gak perlu lagi beli bata dan pasir buat bangun rumah.

7. LETRONS

Perusahaan asal Turki bernama Letvision membuat Transformers versi nyata. Mereka menggunakan mobil BMW yang dimodofikasi untuk berubah wujud menjadi transformer yang dinamai LETRONS. Untuk menciptakan mobil Transformer Letrons ini memperkerjakan 12 insinyur dan butuh waktu delapan bulan pengerjaan. Ketika menjadi robot, ia tak memiliki fungsi mekanikal. Tapi ketika menjadi mobil, ia bisa dikendalikan menggunakan remote control. Namun, mobil ini tak bisa dikendarai secara langsung, pasalnya ruang kabin digunakan untuk menyembunyikan badan robot.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button