Islam

Semua makhluk ketakutan jika datang hari jum’at, Kenapa?

Assalamu’alaikum wr.wb

Sobat setia delimun…!!!

Kita semua percaya bahwa hari kiamat itu pasti terjadi. Namun, tak seorangpun mengetahui kapan terjadinya kiamat. Allah SWT tak memberi tahu kepada siapapun baik kepada malaikat maupun kepada nabi yang diutus. Sebagaimana dalam firman Allah

“Mereka bertanya kepadamu tentang Kiamat, ‘Kapankah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu adalah pada sisi Rabb-ku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.’” [Al-A’raaf: 187]

Sobat delimun…!!!

Kebanyakan dari manusia melalaikan akan terjadinya hari kiamat. Mereka seolah lupa bahwa kiamat adalah sebuah kepastian.

“Tidak ada satu binatang melata pun di atas bumi ini melainkan ia akan menyambut hari jumat pada pagi hari dalam keadaan memperhatikan dengan seksama apa yang akan terjadi hingga matahari terbit karena demikian takutnya pada hari kiamat, kecuali anak Adam” (HR. Abu Dawud, an-Nasa’i).

Alasan mengapa semua binatang takut pada hari jum’at, hal ini sebagaimana Hadist Rasulullah SAW

“Pada hari itu (jumat) akan terjadi hari kiamat. Tidak ada satu malaikat pun yang didekatkan (kepada Allah), tidak juga langit dan bumi, angin, gunung, dan lautan, melainkan semuanya takut pada hari Jum’at” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

Di hadist lain nabi SAW bersabda

Dari Aus bin ‘Aus, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jum’at. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan,” (HR. Muslim no. 854).

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit adalah hari Jum’at. Pada hari Jum’at Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga dan pada hari Jum’at itu juga dia dikeluarkan dari Surga. Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at” (HR. Muslim no. 854)

Sobat Delimun..!!!

Dari keterangan tersebut, kita telah mengetahui bahwa keistimewahan hari jum’at adalah Adam diciptakan, di hari itu pula ADam meninggal, pada hari itu Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga, dan yang tak kalah pentingnya adalah hari kiamat terjadi pada hari jum’at. Namun, hari jum’at kapan, tak seorangpun mengetahui.

Oleh karena itu, dari penjelasan-penjelasan yang telah kami paparkan tersebut, semoga menambah keimanan kita.

Terima kasih telah menonton video dari kami, tonton terus video-video lainnya dari delimun.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button