Coretan

Tahun Baru Profesi Baru

Awal tahun 2020 ini, saya berkesempatan mengabdikan diri kepada desa sebagai bendahara atau kaur keuangan di kampung halamanku.

Ini pengalaman pertamaku masuk dalam pemerintahan. Karena sebelumnya belum pernah mengenyam dalam pemerintahan. Hhhhh

Awalnya, saya tidak ada minat sama sekali masuk sebagai perangkat desa. Karena saya lebih suka melalang buana dan bekerja tanpa ikatan waktu.

Pada H-1 rencana keberangkatan saya ke kota besar untuk mengadu nasib, gagal total karena pengaruh besar sang istri yang mengharapkan saya untuk mengabdi di desa. Dengan harapan, saya bisa membantu mengembangkan desaku.

Mau tak mau, saya nganut istri daripada manyun seharian. Hahahaha

Boleh dibilang, suami siyeng istri. Kayak lagunya kang Sule. Wkwkwkwkwk

Namun memang, saya ada keinginan untuk mengembangkan kampung halamanku. Tapi tak ada minat sama sekali untuk masuk dalam pemerintahan. Tapi, ya sudahlah, mungkin ini jalan terbaik untukku.

Saat pendaftaran dibuka, aku orang pertama yang melakukan pendaftaran. Tak kira cuma aku doang yang daftar, ternyata saat pembekalan, ada sekitar 11 orang yang daftar dari tiga bidang lowongan yang dibuka. Aku kaget dong waktu itu. Hhhhhh

Aku rutin mengikuti serangkaian kegiatan dari mulai pendaftaran hingga pengumuman. Namun, pada saat menunggu pengumuman, aku pesimis dan mau berangkat merantau. Lagi-lagi istri yang menyuruh untuk sabar menunggu hasil akhir. Tak lama kemudian, aku mendapat satu amplop yang diantar salag seorang perangkat desa ke rumah ku. Di dalam amplop tersebut terdapat tiga surat sekaligus, salah satunya surat ucapan selamat.

Seneng dong pastinya. Terutama istri dan ortu, karena aku gak jadi berangkat dan bisa berkumpul keluarga.

Tanggal 28 Desember, aku dilantik menjadi perangkat desa baru bersama dua temanku, yaitu Obet dan Eklas. Habis pelantikan, dilanjutkan makan-makan bersama panitia dan tamu undangan.

Nah! Awal tahun 2020, setelah menikmati meriahnya kembang api bersebaran di langit, di tanggal 2 Januari, aku masuk kerja di hari pertamaku.

Di tulisan ini aku mengucapkan selamat untuk saya yang menjadi perangkat desa. Semoga amanah menjalankan tugas ini. Amiiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button